Heboh seminggu ke belakang soal KTM yg turun harga dan mau buka pabrik CKD di Indonesia. Banyak pula blog yg udah bahas soal ini motor. Tapi yg bahas mendalam kayaknya masih jarang ya?
Nah, kali ini saya bakal bahas seluk beluk si Oren asli Autria ini. Kebetulan seorang sahabat saya di Pangkalanbun ngidam ini motor udah lama dan yg kebetulan lagi, ada satu sahabat saya di Solo yg jual motor ini, jadi ya saya yg ngurusin jual belinya deh.
Kalo baca tes ride cuma beberapa meter mah, mau dapet impressi apa? Bullshit ndess!! π
Nih, di tulisan saya ini saya mau kasih review selama saya bawa ke Semarang.
Oya yg saya review saya kedepankan masalah performa. Urusan konsumsi bensin mah ga mikir ndes! Motor performa tinggi, harga puluhan juta, masih mikir konsumsi bensin? Beli aja revo fit π
Trus masalah ergonomi. What would u expect from this orange bastard? Nyaman? Ppffft beli aja Inazuma kalo mau nyaman π. Ini motor ergonominya sport banget, setang menyatu sama segitiga atas. Footstep mundur, jarak jok dengan stang jauh, siap tuck in buat ambil top speed, maupun siap buat nikung pacar orang, eh maksudnya tikungan π.
Nah, lepas tu, ini motor punya suspensi yg lembut. Buat ngelwatin jalan jelek apa polisi tidur ataupun speed bump berjejer, dilibasnya dengan lebih nyaman. Bahkan level lembutnya suspensi RC250 ini jauh di atas NMax yg emang kerasnya kebangetan π. Mungkin setara lah sama Inazuma kalo menurut saya.
Kalo suspensi lembut kan biasanya buat nikung ga enak ya? Kalo ini motor beda. Buat nikung model kaya apa juga stabil gilak di tikungan. Ga ada tu gejala gleyat gleyot apa ngebuang pas cornering. Emang deh performa suspensi Upsidedown dan monoshock WP istimewa. Kalo belom bawa belom tau gimana sensasinya,haha. Bener2 istimewa deh handlingnya, nurut banget. Enteng ditekuk tekuk. Handling paling mantab di kelas 250cc!!
Speedometer sih mungil banget ya, sampe kadang kalo pake helm fullface ga keliatan. Tapi sebenernya isinya lengkap kok. Ada speedometer, odometer, tripmeter, fuelmeter, thermometer, pengingat waktu service, jam, dll.
Pengereman, di motor ini dilengkapi dengan rem radial dari bybre, 4 piston di depan kalo ga salah. Lumayan pakem sih, tapi harus agak dalem ngeremnya. Oiya remnya juga dilengkapi ABS, dari BOSCH tentunya!!
Entah kenapa motor ini redlightnya mulai nyala di 6000rpm, trus mati lagi, nyala lagi di 9000rpm. Mungkin kalo gearshift di 6000rpm biar ngirit gitu kali ya,haha. Kalo masalah performa, motor ini beda sama Duke. Pastilah ada beda mapping ECU maupun gear ratio. Motor ini ga kaya Duke yg dr awal udah buas dan menghentak2, tapi RC lebih smooth di rpm awal, lalu mulai menjadi buas di 7000rpm. Saran saya kalo pake motor ini, gearshift di rpm 9000. Naiknya cepet banget!!
Kalo minusnya di mesin paling cepet panas aja sih. Lagipula menurutku yo wajar ndes, kan motor eropa, dipake di negara tropis,haha. Pas mesin mulai panas, bakal terdengar suara desingan kipas radiator yg kenceng banget LOL π nguuuuuuuung. Lebih kenceng dr motor jepang yg pake radiator. Kalo baru pertama2 pake bakal kaget, tapi aman aja kok,hehe.
Terus masalah mesin geter, yaaa namanya juga single, apalagi RC ini motor high performance yg ready to race. Ya walopun mungkin bagi beberapa oranf getarnya cukup mengganggu,khususnya area stang dan footstep.
Satu lagi yg juara di RC250 ini, Anti Hopping Clutch!! bahasa lainnya sih slipper clutch. Pernah pas di ringroad Salatiga, abis ngebut 140an kpj di gear 5, lgsg turun ke 3 buat masuk ke tikungan yg agak patah. Langsung jlak, jlak, sleeeeeeezzzzzzhh….. Tanpa engine brake berlebih, emang istimewa.
Sesampainya di Semarang lgsg ketemu sama temen dr Prides Online, Raka sama Rere (Janiteride Motovlog) trus juga sama the Dick. Ane suruh ke pelabuhan buat ngirimin ini motor, trus sama helm ane dipake the Dick, karena ane udah ada janji sama anak istri. Jadi deh pulang naek bis Muncul. Sleeeeeee.
Last, dengan harga baru sekarang 48juta, kamu bakal dapet mesin single yg paling bertenaga n torquey, shockbreaker depan belakang kelas dunia, ban Pirelli Diablo Rosso 2, rem cakram radial (depan) dengan abs bosch, slipper clutch, headlamp projector yg terang n fokus buat menembus gelap, dan styling ultra sporty ala eropa. You’ll got a lot of value with this bike. Walopun ga sekenceng 2 silindernya jejepangan, tapi kamu bakal dapet X Factor yg ga ada di motor jepang,haha. Oiya 1 lagi, kalo masih takut ini lah itu lah soal motor eropa, mending jangan beli ini motor, mending nurut sama blogger2 fbh fby fbk dll π
Dah itu dulu aja ya ndess!! Kalo ada yg mau ditanya silahkan tanya di komen ya. Ga usah like, ga usah share, nanti ndak kaya blogger mainstream π.
Ciiiaaaaoooo!!!
Tag: 250CC, Akrapovic, Diablo rosso 2, DOHC, Duke, kartosuro, KTM, motor, Pirelli, RC200, RC250, RC390, semarang., Solo, SPORTBIKE, SUPERBIKE, Thumper, WP suspension
19 Agustus 2016 pukul 20:20 |
Tahan dulu tadi mah, buat review kars tv…
19 Agustus 2016 pukul 21:10 |
Akan mendapatkan X faktor, yaitu….
Fatin, aaakk fatin, we love fatin
20 Agustus 2016 pukul 11:01 |
Joss kakaaakkπ
20 Agustus 2016 pukul 20:07 |
huahahahahahahahaha
keren…keren…keren…
ga jadi dong di share
20 Agustus 2016 pukul 22:24 |
di solo yg rc200 harga CKD apa sudah ada bos? dealer yg di singosarenkah?
21 Agustus 2016 pukul 16:28 |
mantab tenan ..
jadi pengen beli KTM mas haha
22 Agustus 2016 pukul 08:50 |
the dick iso njedul nendi nendi ngono yo..
ken, nek karo R15 pegel ndi? ngoahahahaha..
9 September 2016 pukul 17:27 |
Komen ah ndes..
Gae artikel terus yo ,
27 Februari 2018 pukul 21:49 |
Blog review KTM nya udah Ok, kalo boleh sedikit tambahan mengenai motor KTM RC nya ya~
Suspensi belakang bisa di stel spring preloadnya menjadi:
– Comfort
– Standard
– Sport
– Full Payload (beban berat)
Red light menyala di RPM 6000 artinya motor masih inrayen dan tidak di sarankan melebihi RPM 6000 selama 1000 KM. Dan nyala di RPM 9000 ya itu memang peak powernya.
Mesin cepat panas pada RC dan Duke adalah wajar. Karena rasio kompresi di angka 12.1:1 yang wajarnya minum bensin oktan 95 yang menyebabkan mesin semakin panas. Selain itu posisi knalpot yang melingkar di tengah menambah buruk hawa panas di kaki.
Mesin getar terjadi karena engine mounting yang harus di periksa lagi di bengkelnya. Mesin 250cc satu silinder dengan jumlah engine mounting yang sedikit. Normalnya tidak bergetar.
Terima kasih