WTF!! Hampir Kena Tilang Gara-Gara Knalpot Free-flow

Kamis, 31 Mei kemarin, iseng2 karena g ada krjaan mau maen ke tempat sedulur Koboys di Bantul, tempatnya Begawan Danan Gora. Motor saya pacu dari Solo berdua sama pacar. Sampai di jalan Parangtritis Jogja (kalo dari utara sebelum lampu merah) ada razia kendaraan bermotor oleh kepolisian resor Bantul.
Saya santai aja seperti biasa,karena kelengkapan komplit. Tapi kali ini saya digiring ke pinggir oleh polis, lalu dia bilang gini, “Mas,knalpot gini ga boleh dipake.”
percakapan dilanjutkan, k=kentadis, p=polis.
k: emang ngapa pak? biasanya juga gapapa. lagian tu tadi tiger depan saya ga diapa2in!
p: ga boleh mas, td kalo saya tau juga saya tilang mas.
k: ga mungkin bapak ga tau, jelas2 tadi di dpan saya.
k: udah sampean sini dulu. (saya dibawa ke polis yg nyatetin n ngasih surat tilang)

p2 (polis ke2) : ngopo ki pak?
p1 : knalpot mas.
p2 : sini mas. knalpot kaya gitu ga boleh dipake.
k: ga boleh gimana pak, biasanya razia juga gapapa, lgian tu tiger dpan saya pk juga tp g dtilang.
p2: ga boleh pokoknya, kalo motor depan kamu mungkin ptugas yg td ga liat, namanya juga manusia.
k: ga mungkin ga liat pak. ini peraturannya emangnya gimana sebenernya?
p2: (ngasih liat buku undang2 atau apalah namanya) nih mas dibaca pasal 285 sm 286, dsitu ada tentang kebisingan knalpot.
k: emang standarisasinya knalpot bising itu gimana pak!?
p2: ya knalpot yg di pakai sesuai keluar dari pabrik mas.
k: bukan itu, itu ga jawab pertanyaan saya. maksud saya standar kebisingan itu berapa desibel, tau ga?
p2: ya pkoknya standar pabrik mas, ilmu saya ga sampe sana. saya cuma jalanin tugas, lagian itu juga ada disini (nunjuk buku tadi).
k: ga bisa pak, saya tau knalpot kaya gini belum bisa ditilang karena aturannya blm jelas. saya tau ini ada peraturan pendukungnya, dijelasin untuk motor cc segini berapa desibel maksimalnya. lagian bpk bisa ngukur kerasnya suara knalpot saya ga? kalo cuma feeling ya rugi di saya.
p2: pokoknya saya cuma jalankan tugas, sampean saya tilang, kalo mau debat di pengadilan aja. lagian nanti kalo saya yang salah, saya juga dipanggil.
k: woh, ya ga bisa gitu pak! emangnya saya ga tau pengadilan? di pengadilan kan cuma duduk baris, diabsen, disuruh bayar dendanya udah. sekarang saya tanya, bapak bisa ga ngasih jaminan ke saya, supaya saya bisa debat sama hakim?! kalo bapak bisa, saya mau ditilang.
p2: wah ga bisa, kami beda instansi mas.
k: ga bisa kan? gini aja, bapak lihat, bapak baca ini, (artikel  detikoto tentang knalpot bisik belum bisa ditilang) dah nyantai aja ga usah ngotot.

image

screenshot dari detikoto

p2: saya ga ngotot mas (padahal keliatan bgt kalo ngotot). saya ga tau ini mas, pokoknya saya cuma menjalankan tgas buat nindak pelanggaran. (terus saya dtinggal buat ngurus yg lain)
(beberapa saat kemudian saya dipanggl dari kejauhan)
mas sini mas.
k: gimana pak?
p2: kali ini kamu saya lepas, saya kasih keringanan, ini saya kasih surat teguran. lain kali jangan cari menangan sendiri sm bkin pembenaran sendiri.
k: loh saya ga asal lho pak.
p2: (motong kata2 saya, dgn nada agak tggi) sebentar mas! sampean kalo dibilangin denger dulu jangan langsung ngmng aja!
k: ok! saya dngr dulu.
p2: nah, gt. skrg saya kasih surat teguran,
p1: (tau2 dateng lagi) gimana nih pak, dari td ga selese2, kalo ngajak debat suruh ke pengadilan sana aja.
p2: udah pak, biar saya urus sendiri.
sekarang mas sama bapak ini dulu, ini surat2nya.
k2: ok pak, makasih (sambil saya ajak jabat tangan sbg tanda mslah dah selese)
p2: iya, sama2. besok2 knalpotnya dganti ya, kalo kena lagi saya tilang beneran.

Lalu saya ke polis3 yg ngasih surat teguran.
p3: tadi kenapa mas?
k: knalpot pak. biasanya juga ga pernah kena ne tumben bisa kena.
p3: iya mas, di Bantul emang lebih ketat dari tempat lain. emang mau kemana to mas?
k: ke daerah Palbapang pak.
p3: oh iya, masih agak jauh ke selatan mas.
k: iya pak, makasih pak.
p3: sama2 mas.

Nah polis ke 3 ini orangnya ramah banget, murah senyum juga. Kalo yang ini ada namanya di rompi ijonya, kalo ga salah namanya pak Johan. kalo 2 polisi tadi ga ada tulisan namanya di rompi.
Sekarang saya masih penasaran, kalo razia, kenapa cuma sepeda motor yg dirazia? knapa ga mobil juga? padahal mobil juga bnyak yg pake knalpot knceng. Terus kalo moge macem HD yg knalpotx lbh bising dari knalpot saya, paling juga ga dirazia, apalagi ditilang.
Pesan saya buat para pemerintah yang bikin peraturan, buatlah peraturan sejelas mungkin biar ga rancu!!
masak di suatu daerah ga masalah, di daerah laen bisa jadi masalah..

nih suratnya

image

udah dulu ah, capek ngetik panjang banget.
kalo ada yang punya cerita menarik tentang knalpot free-flow bisa dishare disini, yg ceritanya paling bagus akan dapet sebuah payung cantik,haha. halah becanda bro..

37 Tanggapan to “WTF!! Hampir Kena Tilang Gara-Gara Knalpot Free-flow”

  1. eyang ali topan Says:

    Mudah mudahan ane pertamax…

  2. monde Says:

    Kutilang kau ini nak

  3. Triyanto Banyumasan Says:

    mesti ati ati nek nang Mbantul ki…

  4. ipanase Says:

    wlwllwlw . josssssssss
    . sebelum bobo
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/06/01/honda-new-megapro-tampil-dengan-wanra-dan-striping-baru-puas/

  5. nunk@iman Says:

    moco percakapane pak pol mah ngakak. Wkwkwk:mrgreen:

  6. mazpoetu Says:

    coba nek ngomong kat awal..rep ng goe begawan danan gora…mesti gk pakai debat….ixixi… :mrengesijo:

  7. Maskur Says:

    wah pemberani

  8. Lho Pak, Nilang Kok STNK, SIM Bahkan Motornya Ditahan Semua « Learning To Live Says:

    […] ternyata alarm jam 02:30 dini hari. Dibalik alarm ternyata masih aktif Opera mini dan terpampang tulisan si Kentas yang hampir kena tilang. Hmm…tarik selimut […]

  9. extraordinaryperson Says:

    oknum oknum

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  10. Lho Pak, Nilang Kok STNK, SIM Bahkan Motornya Ditahan Semua « Learning To Live Says:

    […] ternyata alarm jam 02:30 dini hari. Dibalik alarm ternyata masih aktif Opera mini dan terpampang tulisan si Kentas yang hampir kena tilang. Hmm…tarik selimut lagi…  0.000000 0.000000 Share this:TwitterFacebookSurat […]

  11. bapakeVALKYLA Says:

    wah, kudu nyimpen artikele detikoto ki….

  12. ridertua Says:

    ngomong2 wis ganti knalpot standar blom..:mrgreen:

  13. ridertua Says:

    K: Bapak nyantai aja gak usah ngotot gitu dongg…
    P: Gimana gak ngotot, jok boncenger ane ilang..jatoh dijalan tadi🙂

  14. si Oom! Says:

    Coba polisi e punya android..
    ada tuh app buat tau besaran desibelnya:mrgreen:

    BTW, baru tau ada surat teguran simpatik😯

  15. nyasar Says:

    ngukurnya gampang, kupingnya pak polisi tempelin ke knalpot, biar suara kenalpotnya jelas .

  16. axo92 Says:

    dilema..:(

  17. Dismas Says:

    Wah, ane cari aman aja deh. Cukup pakai knalpot standar😀

  18. moko Says:

    maunya sih make knalpot standar,tp suaranya udah hancur,lebih brisik dari knalpot ricingku. masa ya musti beli knalpot lgi. Pusing de.. Adikku pernah kena tilang waktu make motorku,gara2 knalpot,pdhal ada db killernya.

  19. yang masih dilema sama knalpot racing, monggo dibaca artikel ini ! « vixionr15 !!! Says:

    […] https://kentadis.wordpress.com/2012/06/01/wtf-hampir-kena-tilang-gara-gara-knalpot-free-flow/ […]

  20. andhika Says:

    satu pertanyaan saya.
    Bagaimana jika anda sudah punya anak terus ada alay lewat depan anda atau rumah anda dengan knalpot free low.

  21. vibiprimantono Says:

    wah2, aku dibantul ni gan, mau pasang R9, kira2 di tangkep gak ya?,hehe

  22. ruri Says:

    wow, nice info gan

  23. Aden Darmawan Says:

    mantap

  24. Bikers Nakal Says:

    setuju tuh gan, masalahnya gini, kalo dia nilang agan gara” snalput racing, harusnya dia nilang harley dapitson.. kan ada batasnya cc kendaraan roda 2 yg masuk Indo.. mau kata pake surat kek, pake apa kek, aturan tetap aturan.. ya nggak? kalo snalput racing hajar aja polkisnya, ane juga snalput racing kok..😀

  25. fauzi Says:

    wah aku pengen ganti knalpot free flow sesok nek kena tilang ngoto aja..bandingakan sama HD, mobil racing ama king …haa joos gan

  26. boy suro Says:

    :: ‎​♏ªªªªn†̥̥†̥̥ªªªªªP̶̲̥̅̊P̶̲̥̅̊P̶̲̥̅̊P̶̲̥̅̊P̶̲̥̅̊…(y) Gan, emg kudu ngeyel klo ama Polisi, dari sananya polisi emg mau menang sendiri

  27. sigit_shandi Says:

    iya,om.kalo mobil aja pake knalpot racing kok gk ditilang.

  28. kihuk Says:

    aku wingi neng karangmojo kenek tilangan 200rb gur kenalpot lampu sent

  29. Mahendra Gusti Says:

    udah salah ngeyel yo mas

  30. Jagd Says:

    Baru saja motor berknalpot sampah seperti ini melewati depan rumah. Alhasil ada beberapa mobil tetangga yang alarmnya bunyi, belum lagi yang punya bayi jadi nangis itu.
    Bener-bener ampas, senang yah mem-bully bayi yang nggak bisa membela diri?

  31. Lho Pak, Nilang Kok STNK, SIM Bahkan Motornya Ditahan Semua | Maskur's Blog Says:

    […] ternyata alarm jam 02:30 dini hari. Dibalik alarm ternyata masih aktif Opera mini dan terpampang tulisan si Kentas yang hampir kena tilang. Hmm…tarik selimut lagi…  […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: