Minerva CPI GTR150, The Report

Hola brother semua, jumpa lagi, setelah artikel perkenalan awal dengan GTR kemaren, mari kita kenala lebih dalam sama si matik gambot yang satu ini.

my new dear, GTR150

my new dear

Pertama kali melihat motor ini sangat eksotis. Bodi n ban besar, rangka teralis, bikin betah liatnya. Apalagi 150cc, wow!!
Sekarang kita mulai perkealan dari depan. Dilihat dari depan, motor ini tampak begitu montok, n lampu depannya yang projector lamp terlihat keren n tampak seperti Yamaha R1.

Lampu depan

Nyala lampu "picek" khas eropa.

Matik ini sistem kelistrikanya DC seperti motor2 sport pada umumya. Jika kontak on, saklar lampu on, maka ga perlu mesin nyala, lampu udah nyala. Saat lampu dekat, yang nyala cuma yang kanan, khas motor2 eropa. Lalu untuk dim dan lampu jauh, yang nyala lampu yang kiri. Oh ya di stang motor ini juga terdapat tombol buat dim.

Kaki depan

Lanjut ke bagian bawah. Di bagian kaki2 depan, shokbrekernya cukup besar, lengkap dengan adanya “mata kucing” sebagai pemantul cahaya. Velg depan berdiameter 17″, bentuknya model bintang, seperti punya megelli n thunder, dan dibalut ban berprofil lebar 110/70-17 tubeless yang merknya Heng-Shin (jadi inget kamen rider):mrgreen: . YAng agak aneh yaitu model dop yang seperti vespa, yaitu bengkok ke samping,hehe.
Selesai di roda, bagian pengereman ada piringan cakram yang cukup lebar. Kaliper depan tadinya saya kira cuma 1 piston, tapi ternyata setelah diteliti lagi ada 2 piston yang saling menekan dari kiri dan kanan.

Kalipernya mantab

Di bagian samping terlihat rangka tubular kokoh berwara hitam. Dan jika dilihat agak ke belakang, kover CVT motor ini terlihat panjang n besar. Lalu di bagian di belakang menggunakan Velg 16″ dengan ban lebar ukuran 120/70-16 yang bakal bikin puyeng yarinya kalo banya uda botak😡

kaki kaki belakang

Pengereman di belakang juga mengandalkan tipe cakram hidrolik 2 piston tapi model biasa.

rem belakang n swing arm

Beralih ke bagian peredam kejut belakang, motor ini menggunakan dual shock bertabung yang isinya oli, bukan nitrogen seperti Pulsar.

Shockbreaker tabung yang isinya oli

Beralih ke bagian atas, di sini kita liat Speedometer. Speedometer ini bermodel campuran digitel-analog. Informasi di dalamnya juga cukup lengkap, antara lain ada speedo digital, tachometer analog, odometer, trip meter, lap, dan jam digital. Sayangnya tidak ada fuelmeter di sini, hanya ada lampu indikator yang berkedip jika bensin hampir habis.

Speedometer set GTR

Setelah speedo set, agak kebawah ada tangki yang diapit oleh rangka teralis kokoh. TAngki ini datar n sejajar dengan rangka. Panutupnya model seperti ninja/pulsar seris yang ga perlu moncopot tutup tangki saat mengisi bbm. Lalu tangkinya terbuat dari plastik yang berarti aman dari kebocoran. Dan kapasitasnya cukup besar, yakni 10liter

Tangki di depan, ga perlu turun waktu ngisi, hehe

Ngomongin bagasi, motor ini cuma punya bagasi kecil yang bukanya dari kunci depan. Bagasi ini terletak di jok belakang. Lalu jok depan juga bisa dibuka, dan di bawah jok depan ada accu.

jok belakang buat bagasi, jok depan buat tempat aki

Sekarang kita ke nyawanya motor, yaitu mesin. Motor matik yang satu ini mempunyai mesin yang kataya berbasis GY6, dengan kapasitas silinder bersih 149cc, dengan sistem katup SOHC 2 katup. Lalu mesin gambotnya dilegkapi dengan radiator.
Saya sempet heran, walopun merknya minerva, tapi di bagian mesin ga ada tulisan atau logo minerva, adanya CPI (merk aslinya). Tulisan n logo minerva cuma ada di bagian shockbreaker n cover CVT.

asli CPI?

Box air filter juga CPI

Di bawah tagki, fuel pump kah? ada logo CPI juga

Saat pertama kali sampe rumah, motor ini kerasa berat banget. Mulai dari bobotnya yang sampe 135kg, sampe tarikannya yang bisa dibilang lemot banget, bahkan jika dibandingkan dengan scoopy. Apa karea sama pemilik yang dulu jarang dipake ya?
Pertama kali diaikin, cuma mau 60kpj aja berat banget. Terus waktu kopdar KOBOYS pas syukuran di rumah mas agunk_ae, dibilangin sama mas Irawan kalo pembakarannya ga sempurna. Langsung aja besoknya saya servis di bengkel langganan, cek n cek ternyata businya soak. Langsung ganti busi yang ternyata sama kaya honda GL dengan merk NGK platinum. Dan juga ternyata di karbu ada airnya. Setelah semua beres, tinggal ganti kabel gas, langsung ngacir larinya😈 .

tadinya lemot banget

Setelah di utak atik, sekarang tarikannya dah lumayan enteng, walopun ga seenteng matik kecil jepang. Tapi untuk mencapai 60kpj bukan hal yang sulit lagi.
Ngomongin soal handling, matik ini bisa di bilang mantab. Didukung oleh rangka tubular yang kokoh, sok yang mumpuni dan ban bertapak lebar. Buat cornering juga lumayan, asal jangn waktu jalan basah, coz bannya licin banget.TApi dengan wheelbase yang cukup panjang dan bobot yang hampir sama dengan pulsar, kita ga boleh n ga bisa sembaragan naik motor, harus pake jiwa, ga bisa serutulan wkwkwk.
Oh iya, suara kalpot matik ini kalo boleh saya bilang bener2 njijiki bin nggilani:mrgreen: kaya mio yang pake corong di bagian belakang knalpotnya,xixixixi. Oleh sebab itu selang beberapa hari knalpot langsung saya ganti denga produk aftermarket.

Gimana konsumsi bensinnya? Motor ini bisa dibilang BOROS!!! Untuk 1 liter bensin cuma bisa untuk jalan 20-25km dalam kota. Lalu untuk luar kota bisa 30an km.

Sekarang saya kasih plus minusnya..
(+)
Bodi keren
rangka tralis
rem depan-belakang mantab
stabil buat kenceng
antep (kaya pulsar)
lampu terang

(-)
berat
boros
tarikan awal lemot banget
nyusahin kalo parkir
nyusahin yang punya, coz pasti ditanya2in orang:mrgreen:

Segitu dulu untuk report kali ini, disambung next time tentang ganti knalpot n pasang asesoris.
Salam!!

21 Tanggapan to “Minerva CPI GTR150, The Report”

  1. umbul-umbul belambangan Says:

    PERTAMAK!
    yang ane tunggu😀

  2. elsabarto Says:

    stang fullset ganti mio soul tambah keren nih kayaknya..🙂

  3. aichankawaii Says:

    shock belakange nta.. Mak debb!!

  4. aichankawaii Says:

    shock belakange diganti nta…

  5. bjl Says:

    nyusahin yang punya, coz pasti ditanya2in orang:mrgreen:

    pertanyaannya? kenapa beli motor ini?

  6. karismanis Says:

    Shock e independent mcpherson..:mrgreen:

  7. azizyhoree Says:

    komplit , manteb n exotic jozz!

    #sing kurang apik ki gambar2 hasil kameramu xixixi *mlayu sik:mrgreen:

  8. gaplek mania Says:

    apik yo.tapi begitu liat spido kok kotak.kayak mongtor tahun 80 an

  9. kentadis Says:

    wakakakakakak..:mrgreen:
    #tak patak hape nokia 5300

  10. nanared Says:

    poin terakhir
    #nyusahin yang punya ditanyain orang2
    *ingat awal2 pake simarun wkwkwkwk

  11. Triyanto Banyumasan Says:

    mantattatatattatattatataaaaapppppp … nyilih akh😀

  12. Amama Ali Says:

    nyilihh juga ahhh …
    wahh, jangan2 ra kuat kie munggah neng candi sukuh:mrgreen:

  13. kymcoers Says:

    di majalah scooteris sudah pernah dibahas mengenai permasalahannya motor ini, silahkan dicari… tapi kalo menurut saya, sampeyan tinggal main di cvt-nya aja… seperti memperlebar dan memperpanjang kampas kopling, ganti per kopling 1500 rpm, ganti roller yang lebih ringan, papas boss pulley dll.

    untuk matic cina saat ini penyakitnya ampir mirip-mirip… Minerva GTR 150, Sym Shark 125, Kymco Like 150, Kymco Agility CIty 150…. silahkan cek di http://www.kymco.or.id di review like.

  14. ipanase Says:

    wkwkwk, pit langka
    http://pertamax7.wordpress.com/2012/03/01/ha-esemka-tidak-lulus-uji-emisi-shocked/

  15. jnakawara Says:

    bagi tips nihh..
    http://nakawara.wordpress.com/2012/03/24/tips-hindari-ranjau-paku/
    mampir gaan.. semoga berguna🙂

  16. extraordinaryperson Says:

    kren om

    http://extraordinaryperson.wordpress.com/

  17. JUAL: Minerva GTR 150 Merah-Putih | JualanLagi.com Says:

    […] Matik Minerva GTR saya lokasi di kartasura, deket Solo, tapi plat B tangerang bSelatan. Mesin matik ini 150 cc, berpendingin cairan, ban gede (f: 110/70-17, r: 120/70-16) rangka teralis kuat, speedo meter digital dengan display lengkap dan informatif, tangki di depan (9liter), konsumsi bensin 30km/l. odometer sudah 15.5xx km dan terus bertambah karena dipake harian. MEsin halus, rajin servis n ganti oli tiap 1500 km. Bahan bakar bisa pake bensin premium, tapi kalo mau performa lebih pake pertamax. Motor ini emang tarikannya agak berat, tapi kalo udah putaran tengah n atas dijamin maknyuzz larinya. Kalo soal Quality n Durability ga usah ragu gan, soalnya motor ini hasil branding dari CPI motor Taiwan. FYI, CPI adalah salah satu merk motor Taiwan yang produknya sudah dikenal baik di Eropa, Asia dan Amerika, yah sekelas Kymco gt deh. Lagian build quality motor ini juga diatas rata2 produk Minerva lainnya, dan part2 di mesin ga ada yang tulisannya minerva, adanya cuma CPI. So, ga usah ragu sama motor ini gan!! Motor ini saya jual lengkap dengan asesorisnya sebagai bonus gan, diantaranya ada Koil boster n 9Power (untuk memperbesar dan menstabilkan pengapian), Sliding roller 13gram n 15gram, per sentrifugal KTC 1500 rpm, Spion bar-end (jalu), single seater dan Muffler HRP kalo mau. kalo minusnya cuma komstir yang agak eror. Ane buka harga Rp 12.000.000,00 (dua belas juta rupiah gan) boleh nawar tapi no afgan n rosa ya, hehe n buat yang mau tanya lebih lanjut bisa sms di nomer 08386422477 atau bisa masuk ke link ini buat yang mau tau lebih tentang motor ini https://kentadis.wordpress.com/2012/0…50-the-report/ […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: