mejeng dulu ah.. π
mmh, males juga ngegas pol polan tp cm mentok 100kpj di speedo. Apalagi temen2 IKASO banyak yg pake HSX125, kalo turing keteteran deh π¦ . Nah, itulah latarbelakang saya dalam mengupgrade performa motor saya. Dengan dana pas2an, saya pergi ke bengkel Sambodho Motor di daerah Sraten (selatan asrama kopassus kartosuro). ‘Motornya dibuat turing pak, ga usah extrim bgt ya π ‘ ujar q kepada pak Benny sang mekanik. ‘Oke deh, balik lagi seminggu ya’ sahutnya. N saya pun pulang dengan Vespa.
Lalu, seminggu kemudian saya balik. E ladalah, motornya belum jadi ternyata. ‘Masih proses stroke-up ken,’ kata mekaniknya. Yaudah d, ngkrg dl di bengkel.
FYI, ubahan di sektor mesin supra saya, antara lain:
– piston jup-z oversize 100
– stroke-up 2mm
– kepras silinder head
– camshaft dimodifikasi
– katup standard dimodifikasi batangnya
nah, lalu saya kembali siang hari berikutnya. Ternyata motornya lagi dirakit
katupnya lagi diskur π
sambil ngunggu, sambil foto2 deh π
silinder headnya π
camshaftnya π
piston jup-z os 100, custom jenong π jozz
setelah menunggu agak lama, akhirnya mesinnya terakit juga π . Lalu rang mekanik nyoba test ride duluan. Setelah dicoba, gantian saya yg nyoba.
Nyalain mesin, langsung gas! N gila, powernya kerasa banget. Topspeed yg saya dapet baru 120kpj itupun karena keabisan jalan. Huffz, sangar bgt nih. Nah, ternyata dari 97cc, naek jadi 115cc!!
Stelah puas ngetest, bayar. Bawa pulang deh. Tapi masih ada yg kurang nih π¦ yaitu CDI n karburator, nah itu step brikutnya :-D.
So, kalo gini dah ga keteteran lagi deh kalo group riding sama temen2 IKASO . Nah, itulah HSX115 saya. Ceritanya bersambung ke step slanjutnya ya.
20 September 2010 pukul 09:48 |
Piro iku totalΓ© step 1???
20 September 2010 pukul 09:59 |
@ dhani
total apane mas?
Nek biayane cuma 650k
murah meriah, tp dah bisa ngalahin f1z-r lho..
20 September 2010 pukul 10:03 |
yen gl kiro2 piro ken?
20 September 2010 pukul 10:07 |
yah, skitar sakmono lah lek
pol2e 800k
sing paling larang i stroke-up e kui lho. Tp nek iki presisi bgt, cz bengkele gaene gae pit drag
20 September 2010 pukul 10:34 |
mangstab- pertamax ini
20 September 2010 pukul 10:40 |
porting polish, cdi brt & karbu PE 28, jgn lupa apapun motornya minumnya selalu PERTAMAX (scr. kompresi dah tinggi)
20 September 2010 pukul 10:53 |
@ alvian
pertamax selalu,hhe
@ mas elsa
lupa ngetik,hehe. Dah di porting polish jg. Pertamax selalu, cz kompresinya 1:10,sekian gitu,hehe
3 April 2011 pukul 19:19 |
nge”tes ama supra q yok?
cc sama 115
noken udah q babat
camsaft udah q ganti racing
kalburator ninja
mw ganti cdi tp percuma yg pake cuman coli gwa
gas pnuh 120lbh msih nambah, tp kehabisan jalan gwa
120 isa nambah kok, pa lagi berat badan gwa 105kg
pa lagi klu berat badan cuman 50kg ga tw lari berapa….
3 April 2011 pukul 19:21 |
eh lupa.. knalpot udah q ganti AHRS
pelek DBS
SHOCK belakang variasi
ban kecil
sok q pendekin dikit
udah plus RPM mesin
mw test?
20 September 2010 pukul 11:20 |
duh shogun 125 ku kalah,,cuma mentok 100 tok ken..recomended ga nih bengkelnya???klo ga kenal sblmnya ma bengkel garapane apik ga?
20 September 2010 pukul 12:07 |
salut! π
20 September 2010 pukul 13:21 |
Nice Article
20 September 2010 pukul 13:24 |
lawan beaty nya si Nick menang ngk yah??
20 September 2010 pukul 14:25 |
nek porting polish tok + kepras head piro om??
21 September 2010 pukul 01:02 |
stroke up??? wah kalo ane jadi ente sih nggap berani rpm full lama2…jadi lebih ngandelin torsi aja, kalo geber full terus mesin pendek umur, apalagi kalo nggak presisi masanganya
21 September 2010 pukul 07:52 |
aku wis test ride ikih.,
ayoh, putaran bawahe dibenerkeh, ojo lali kopling manual, mengko ibu yen pake ben isoh wheelie..
Xixixi
21 September 2010 pukul 09:08 |
wew…setting drag berarti..putaran bawah nggembos???
21 September 2010 pukul 10:07 |
ak wes numpaki π
21 September 2010 pukul 16:47 |
@ one n stiawan
thx bro..
@ lingga
ayok ajah dicoba,wkwkwk
@ ariesesat
alhamdulilah, insyaallah presisi, cz kmrn waktu dipasang crankshaftnya, ga oblak gt, emg pas
n dah terbukti waktu ke jogja, rpm tggi terus ga ada gjala apapun π
n mg aja, dlm jangka panjang jg gpp
@ adi
iyo, emang gara2 karbune standard njeglek!! Dadi suplaine kurang di putaran bwh bro. Nek masalah kopling, suk ae nek ditukokne supra meneh
@ martini
250rb. Itu dah trmasuk modif camshaft
@ ai
hampir mben dino numpaki
21 September 2010 pukul 17:22 |
ora usah banter-banter mengko ndak ciloko ning ndalan…alon-alon waton kemeton wae π
23 September 2010 pukul 19:14 |
wahhh klo sering lewat jl jogja-solo emang kudu di upgrade tu supra….
25 September 2010 pukul 18:12 |
@ mas dwi
ga kok mas, yg pntg safety riding π
@ amamoto
ga sering ko bro, kadang2 aja,hhe
thx dah mampir
27 September 2010 pukul 16:31 |
bs dites nih sama c70 ku. π
22 November 2010 pukul 15:26 |
haloooo salam knal
waaah mekanik sampean podo karo mekanik ku,nek gawe baju mesti baju molor + mlorot2,,,HA HA ha ha,,,,,,
ngomong2 koil ama cdi nypake apa bro??
21 Desember 2010 pukul 13:36 |
mantapppp!!!!!
29 Desember 2010 pukul 05:58 |
tapi kan spido supra x 100 tahun 2004 ngibul banget om,
soalnya punyaku dulu persis kayak gini, bisa tembus 110 kpj, di tes bareng CS1 cuma 95 π¦
21 April 2011 pukul 22:23 |
Kut nimbrungz oz supra ane dah papas noken,pkai rotor rcing,chamsaf modif,klep in 26,ex 29,head 1mm,rasio khusus 201m rubah gigi 1-3,i max brt .rubahan total tu low aq jajal pntok kcptan 180-195kpj,kok bs pnyamu mpe 120 kpj pdhal cman stepup aja,spedony ngaco ntar.
12 Juni 2011 pukul 14:56 |
jadi 115 cc ? hmmm 52 mm X 51,5 mm ya bro (bore x stroke nya)… boleh ni dicoba di revo… π biaya 650 k lagi… Kalo ga stroke up, bisa lbh murah mungkin ya… π
12 Juni 2011 pukul 15:00 |
sebenernya ane cuma mau kejar aksel nya… top speed cukup 110an lah… bisa nyalip jupiter z dah puas…
17 Oktober 2012 pukul 21:49 |
Test Yuk Sama supra X 100cc Merah?
Spek Mesin Udah pakai blok head jupiter z,Piston CBR Overisze 200,Kruk As Karisma 125+Stroke up 8mili Karbu FCR 39 Knalpot Custom
11 Agustus 2013 pukul 17:14 |
musehne vega ku
piston scorpio over size 100 karbulator pe
tranmisian noken standart klep avanza
5 April 2014 pukul 23:16 |
itu kalo buat touring semarang-bali kira kira kuat nggak ya. kalo kuat boleh tu dicoba untuk supra kesayanganku
5 April 2014 pukul 23:17 |
tambah lagi knsomsi bahan bakarnya gimana? kalo buat harian
20 April 2014 pukul 07:04 |
Pakai klep apa?
17 Juni 2014 pukul 01:19 |
standar ae π
6 Agustus 2014 pukul 11:10 |
Tmpte d mana mas d stu kan ada bnyak bengkel yg agak lmyan gede da 3 dket jln raya ma dket bngjo klewer arah brat kiri jln ma knan jln
6 Agustus 2014 pukul 16:16 |
bengkel e mana gan ?
18 Februari 2016 pukul 14:21 |
rupamu gatheli ndes π
9 Maret 2016 pukul 21:08 |
habits biaya brapa ??
14 Maret 2016 pukul 15:44 |
600 ribu
4 Maret 2021 pukul 04:39 |
Habis berapa a